Propaganda Politik Melalui ‘hashtag’ Media Sosial

Propaganda Politik Melalui ‘hashtag’ Media Sosial

Dalam memahami suatu objek dan mempersepsi orang lain, kita harus membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang tidak lengkap, yaitu informasi yang hanya diperoleh melalui kelima indera kita. Maka, ketika kita berkomunikasi, kita akan mendasarkan persepsi terhadap orang lain atas perilaku komunikasinya yang dapat kita amati. Tim media sosial Manchester United nampaknya masih larut dalam euforia kepulangan bintang berkebangsaan Portugal, Cristiano Ronaldo. “Mengingat di dalam sertifikat vaksin terdapat QR code yang berisi information pribadi, maka masyarakat diminta untuk dapat men-download aplikasi PeduliLindungi,” lanjutnya.

Insan Perseroan dilarang memasukkan tagihan atau permintaan pembayaran berdasarkan information yang diketahui palsu. Insan Perseroan menghindari pembicaraan mengenai informasi dan information yang berkaitan dengan kegiatan usaha kondisi keuangan serta hal-hal lain tentang Perseroan dan tempat-tempat umum yang memungkinkan hal tersebut terdengar oleh orang yang tidak berhak. Insan Perseroan harus mengembalikan seluruh dokumen/media apapun yang berisi informasi Perseroan apabila sudah tidak bertugas di Perseroan. Secara demografis, pengguna internet di Indonesia sangat tinggi yakni mencapai 150 juta pengguna aktif media sosial atau setara 56% dari jumlah populasi Indonesia. Dalam konteks pemilihan umum, iklan kampanye media sosial menjadi sarana paling efektif dan efisien untuk menjangkau calon pemilih, terutama mengingat mannequin sistem politik Indonesia yang sangat banyak kandidatnya.

Media sosial dijadikan sarana untuk mencaci maki bahkan mempropokasi orang lain, perilaku ini sangat berbahaya apalagi yang menyangkut kelangsungan hidup bernegara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mungkin kedepan sebelum terlalu kebablasan perlu ada kontrol untuk mengatur pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dari sekian banyak jejaring social, penggunaan Facebook dan Twitter yang paling banyak digandrungi orang karena lebih praktis, ekonomis dan murah penggunaannya. Cukup memiliki smartphone maka kita sudah dapat mengakses informasi kapan dan dimana saja melalui media social, dan yang paling menarik karena kita dapat menyampaikan informasi terkait dengan kegiatan-kegiatan kita, baik yang sifatnya pribadi maupun kelompok. Salah kaprah terkait media digital akan menjadi primadona di era perkembangan teknologi sudah ditebak Pengamat Komunikasi Politik Arif Susanto. Dia menyebut, media digital terutama media sosial, tidak sehebat yang dipikirkan orang.

Menggunakan media sebagai sarana iklan

Ketiga, jangan lupa untuk mengenali goal pelanggan dengan mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman Facebook Anda. Pembahasan dalam buku “Pengantar Komunikasi Politik” ini meliputi organsiasi politik, partai-partai politik, organisasi publik, kelompok penekan, organsiasi teroris, khalayak, media, dan panggung internasional. Hal yang menarik adalah ketika McNair turut memasukkan “organisasi teroris” dalam pembahasan buku ini sebagai salah satu organisasi politik. Organisasi teroris digolongkan oleh McNair sebagai kelompok yang menggunakan taktik teror untuk mencapai tujuan politik mereka. Taktik teror ini seperti pengeboman kota, pembajakan pesawat, pembunuhan, dan penculikan. Organisasi teroris menggunakan aksi-aksi tersebut untuk mencapai tujuan mereka di luar proses konstitusi yang berlaku di Negara tersebut, sebab mereka menganggap konstitusi tersebut tidak absah, dan menggunakan kekerasan sebagai sarana ‘persuasif’ .

Secara spesifik, program dakwah Islamiyah merupakan peranan televisi dalam upaya pendidikan masyarakat khususnya dalam bidang kerohanian. Pemirsa mempunyai kewenangan mutlak untuk menentukan program dakwah di televisi mana yang akan diikutinya sesuai dengan tingkat kepuasan yang ingin dicapainya dari program yang diikutinya. Fakta ini merupakan kontra teori yang menyatakan bahwa media massa yang mendominasi pemirsanya. Banyak sekali bisnis yang menggunakan layanan ini seperti contohnya trend, food and beverage industry sampai leisure.

Videotron juga sering disebut sebagai reklame digital karena gambar-gambarnya bergerak. Kelebihan menggunakan videotron sebagai media periklanan adalah dengan adanya kemampuan dari gambar-gambar yang bergerak sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan lebih indah. Alasan mengiklankan suatu produk dengan menggunakan videotron adalah karena mampu menampilkan gambar yang bergerak dan banyak masyarakat yang lalu lalang disekitarannya. Sebagai contoh, di Youtube, beberapa tahun lalu, sempat terkenal ajang bernamamail time.

Jika iklan atau kampanye politik melalui media hanya sekadar ditujukan untuk meningkatkan citra dan performa partai politik, bisa dikatakan ruang publik melalui media telah direbut dan dikuasai para pelaku politik. Publik yang berharap mendapatkan lebih dari sekadar nama-nama partai dan simbol- simbol politik harus rela menikmati ”serangan udara” yang mendominasi dan kurang bermakna bagi pendidikan politik. Harus dihindari, terjadinya kooptasi terhadap ruang publik oleh kepentingan ekonomi politik elite politik.

Membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan merupakan faktor penting dalam dunia bisnis. Dengan menggunakan digital advertising, Anda dapat menyediakan layanan pelanggan on-line selama 24 jam penuh dan 7 hari dalam seminggu. Artinya, Anda membuka kesempatan bagi para pelanggan untuk bisa mengenal, berkomunikasi, berinteraksi, bahkan membangun hubungan yang strong demi terciptanya pelanggan-pelanggan yang loyal akan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Jumlah views pada platform Instagram dan Facebook live naik 50% diikuti 40% kenaikan pengunaan WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

Comments are closed.